Monday, June 20, 2011

Festival Tari Topeng Andong – Part 2

Sudah baca Festival Tari Topeng Andong – Part 1? Nah..di part 2 ini kita masih akan membahas empat acara bernilai budaya yang diselenggarakan selama festival ini berlangsung. Penasaran? Let’s check it out!!!

Notdaribakki


Kalau di part 1 ada Chajeonnori yang semua pesertanya adalah pria, di Notdaribakki pesertanya khusus wanita. Mengapa? Karena Notdaribakki ini bercerita tentang Ratu Korea yang dibuang di Andong. Jadi, setiap wanita memakai pakaian terbaiknya dan membentuk barisan dari punggung mereka yang nantinya akan digunakan sebagai jalan sang Ratu untuk pawai ke seluruh kota.


Dosanbyolsi


Siapa yang jago bikin puisi? Di acara Dosanbyolsi ini kalian bisa unjuk bakat bikin puisi. Acara ini diadakan di tempat yang namanya Dosanseowon. Tapi, yang menjadi tantangannya adalah tema dan irama puisinya ditentukan di tempat, jadi tidak bisa bawa karya dari rumah. Dan tentunya puisinya harus dalam bahasa Korea…^^ v


Jojonnonmaegi Event


Kalau acara yang satu ini bertemakan pertanian. Berasal dari kata JoJonnongyo yang berarti lagu petani di desa Jojon. Mereka selalu menyanyikan lagu ini ketika mereka bersama-sama bekerja di sawah. Dan lagunya beda-beda, ada lagu yang khusus dinyanyikan ketika menanam padi, ketika menyiangi sawah, pergi ke sawah, dan bahkan saat pulang dari sawah pun ada lagunya tersendiri. Jadi kita benar-benar dapat merasakan semangat dan sukacita mereka dalam bertani melalui lagu-lagu tersebut.

Daljiptaeugi


Sampailah kita pada acara penutup, namanya Daljiptaeugi. Dalam acara ini akan ditunjukkan tradisi rakyat Andong dalam menyambut bulan purnama pertama sambil berdoa agar kebahagiaan dan keberuntungan menghampiri mereka. Setelah itu, akan ada Dwitpuri atau api unggun untuk merayakan kesuksesan penyelenggaraan festival ini.

Itu dia keempat acara bernilai budaya yang ada di festival tari topeng ini. Di part 3 nanti author akan membahas 3 dari 12 jenis tari topeng yang berlangsung selama festival ini. Jadi tetap nongkrong di KI ya!!!


Source : Andong International Maskdance Festival

No comments:

Post a Comment